Kiat Jitu Menjadi EDP Andal

Sebuah buku tulisan Agung Hendranto terbitan Elex Media Komputindo tahun 2006 dengan jumlah halaman 227. Buku tersebut berisikan:

  1. Sekelumit Ide Mengakali Sistem Operasi Windows
  2. Membangun Local Area Network
  3. Mengamankan dan mengendalikan komputer pada jaringan lokal
  4. Mengendalikan komputer antar kantor
  5. Merekam, mengolah dan menganimasikan tampilan monitor
  6. Mengoptimalkan penggunaan jaringan komputer
  7. Sejumlah piranti lunak pendukung kerja EDP
  8. Menguak rahasia microsoft access

 

Sekelumit ide mengakali sistem operasi windows
Pada bagian ini berisi cara menduplikasi hardisk. Caranya adalah menggunakan aplikasi norton ghost. Pada bagian ini di berikan juga langkah-langkahnya. Selain memberikan cara membackup/duplikasi hardisk, diuraikan juga cara-cara mengubah bahasa standard os windows 98 dari bahasa inggris ke bahasa indonesia. Pada bagian ini diuraikan pula cara akses shortcut ke sistem konfigurasi windows (control panel).

Membangun local area network
Untuk sesi ini, di jelaskan cara instalasi Lan dari mulai Install network adapter hingga membuat susunan kabel di rj-45. Selanjutnya adalah mensetting windows untuk dapat koneksi ke lan dengan system sharing (grouping) dan menggunakan system IP.

Mengamankan dan mengendalikan komputer pada jaringan lokal
Bagian pertama mengamankan disini adalah mengamankan windows dan aplikasi-aplikasinya. Cara pertama yang disarankan adalah menggunakan policy editor (poledit). Dan cara kedua adalah menggunakan register editor (regedit). Tentunya sebelum melakukan aktifitas tersebut harus dilakukan backup register (dengan export register) dan file ntuser(dot)dat dan ntuser(dot)ini.
Salah satu aplikasi yang dapat memaintain komputer lewat lan adalah remote admin (radmin). Cara instalasi dan penggunaanya juga dijelaskan pada bab ini.

Mengendalikan komputer antar kota
Bab ini mengulas instalasai dan pemakaian aplikasi symantec pcanyware, serta gabungan antara pcanyware dan radmin. Salah satu kemampuan pcanyware yang dapat dimanfaatkan adalah fungsi koneksi menggunakan system dialup, tranfer file dan chatting (antara client dan host). Salah satu kelemahan pcanyware adalah proses perubahan yang relatif lambat pada komputer host. Dengan menggabungkan aplikasi pcanyware dan radmin, seorang admin dapat terhubung dengan komputer beda kota lewat dialup serta dapat meng-admini komputer-komputer pada anak cabangnya menggunakan radmin.

Merekam, mengolah, dan menganimasikan tampilan di monitor
Salah satu aplikasi untuk mengcapture gambar pada dekstop adalah SnagIt. Alasan menggunakan aplikasi SnagIt adalah gambar type scrolling dapat dicapture oleh aplikasi, atau gambar bergerag juga dapat dicapture (tentunya tetap menjadi gambar diam). Sedangkan aplikasi yang berguna untuk merekam seluruh pergerakan dalam komputer adalah Camtasia Recorder. Hasil dari rekaman adalah dalam bentuk avi atau wmv. Apabila proses perekaman membentuk beberapa file avi, maka untuk menggabungkan file-file tersebut menggunakan aplikasi Camtasia Producer.

Mengoptimalkan penggunaan jaringan komputer
Proses selanjutnya adalah mengoptimalkan sumber daya yang ada, yaitu salah satunya menggunakan aplikasi web. Pada system operasi win 98 aplikasi web (web server) menggunakan aplikasi personal web server (PWS). Sedangkan untuk win 2000,XP atau 2003 aplikasi yang digunakan adalah Internet Information Service (IIS). Kedua aplikasi tersebut proses instalasi dan settingnya dijelaskan pada bab ini.
Salah satu aplikasi yang dapat membentuk sebuah halaman dalam bentuk albun foto adalah SuperJPG.
Pada bab ini juga dijelaskan beberapa aplikasi pendukung seperti winpopup  dan interchat yang berfungsi sebagai alat chatting antar sesama komputer.
Agar dapat melakukan surfing internet secara offline, maka salah satu aplikasi yang digunakan adalah surfoffline.
Selain aplikasi, pada sesi ini diperkenalkan juga sedikit bahasa pemrograman menggunakan bahasa php untuk form “input kritik dan saran”.

Sejumlah piranti lunak pendukung kerja EDP
Beberapa aplikasi penunjang untuk EDP diantaranya adalah:
LIve CD, Live cd adalah cd bootable. Salah satu cd bootable yang terkenal adalah Knoppix yaitu live cd berbasis linux. Manfaat dari live cd adalah proses booting dan aplikasi bersumber dari cd. Untuk live windows diantaranya adalah Windows Preinstalation Equipment (WINPE) dan BartPE.
Komponen yang melengkapi BarPe dalam bentuk plugin.
Aplikasi pendukung selanjutnya adalah AutoPlay Media Studio. Manfaat autoplay adalah, menyusupkan kode melalui file, panduan dalam bentuk movie, offline website, mini browser. Pada bab ini pula ditunjukkan cara memasukkan registry lewat cd autorun.
Selanjutnya pada bab ini dijelaskan cara-cara membentuk file exe dan memberikan password pada file exe.
Pada bab ini diuraikan juga salah satu aplikasi untuk mengubah cd audio menjadi format mp3 serta memotong-motong file mp3. Salah satu aplikasinya adalah AWMA.
Salah satu aplikasi yang akan sangat berguna adalah primoPDF. Aplikasi berguna untuk mengubah format dokumen menjadi file pdf. Pengubahan dokumen menjadi format pdf bertujuan untuk mengamankan dokumen tersebut.

Menguak rahasia microsoft access
Sebagai contoh kasus pada bab ini, digunakan aplikasi hotel yang menggunakan database access. Pada aplikasi access, setting dan password berada di file system(dot)mdw dan system(dot)mda. Cara paling mudah untuk membuka security adalah dengan aplikasi Advanced Office Passoword Recovery (AOPPR). Mengubah file mde menjadi mdb juga dijelaskan pada bab ini. Pada bab ini juga dijelaskan cara menggabungkan presentasi power point dengan access.

Secara umum buku ini cukup membantu terutama bagi mereka yang baru berkecimpung di dunia EDP atau IT. Kelemahan dari buku ini adalah masih banyak menggunakan aplikasi yang masih shareware. Nah tugas pembaca sekalian adalah mencari di internet aplikasi-aplikasi sejenis yang freeware. Sedangkan untuk mereka yang sudah biasa bergelut di dunia EDP atau IT, buku ini cukup baik sebagai sarana menambah wawasan.

Semoga tulisan diatas cukup membantu dalam memilih buku bacaan atau referensi

Ditulis dalam Resensi Buku. 2 Comments »

2 Tanggapan to “Kiat Jitu Menjadi EDP Andal”

  1. Fatah Says:

    Pak agung untuk terbitan terbaru dari buku “Kiat Jitu Menjadi edp handal” versi yang lebih kumplit sudah ada? kalo bisa ada penjelasan yang lebih kumplit sekalian tentang setting & pengelolaan server serta e-mail

    Trims
    Fatah

  2. campospate14864 Says:

    hey princess piggy, how was you day today? what you eat for lunch and dinner? today i bought 4 packets prawn mee back for lunch but my mum go perm hai Click http://getl.eu/?i=justgoo100745


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: